06 Mei 2013

Karbohidrat Uji Molish



I.         JUDUL
Judul praktikum Mata Kuliah Biokimia ini adalah Percobaan I “Karbohidrat – Uji Molish”

II.      PENDAHULUAN
2.1 Dasar Teori
Karbohidrat merupakan persenyawaan antara karbon, hidrogen dan oksigen yang terbentuk di alam dengan rumus umum Cn(H2O)n. Melihat rumus empiris tersebut, maka senyawa ini dapat diduga sebagai ”hidrat dari karbon”, sehingga disebut karbohidrat.
Berdasarkan jumlah monomer pembentuk suatu karbohidrat, maka dapat dibagi atas empat golongan besar yaitu monosakarida, olisakarida, disakarida dan polisakarida. Monosakarida adalah karbohidrat yang tidak dapat dihidrolisis menjadi senyawa yang lebih sederhana. Oligosakarida adalah kabohidrat berantai pendek yang dibangun oleh beberapa unit monosakarida. Disakarida, karbohidrat yang terdiri dari dua unit monoskarida. Disakarida yang paling banyak terdapat adalah sukrosa atau gula tebu yang terdiri dari unit glukosa dan fruktosa yang berikatan secara spesifik yang disebut ikatan glikosida. Polisakarida terdiri dari rantai yang cukup panjang sampai ratusan dan ribuan unit monosakarida.
Uji Molisch adalah pengujian untuk mengetahui senyawa mengandung karbohidrat atau tidak. Uji Molisch bereaksi positif pada glukosa dan amilum dengan membentuk cincin ungu.
2.2 Tujuan
Adapun tujuan praktikum ini adalah
1.    Dapat mengenal berbagai macam karbohidrat.
2.    Dapat mengetahui cara pengujian tentang adanya karbohidrat.


III.   BAHAN DAN ALAT
3.1 Bahan
a. Glukosa 1%
b. Sukrosa 1%
c. Pati 1%
d. H2SO4
3.2 Alat
a. Tabung reaksi
b. Rak tabung reaksi
c. Pipet tetes
d. Pipet Volume

IV.   HASIL DAN PEMBAHASAN
4.1 Hasil pengmatan Uji Molish
No.
Bahan
Ulangan
Hasil pengamatan
1
Glukosa
1
Larutan berwana kuning muda pada bagian atas dan coklat tua pada bagian bawah
2
Larutan berwana kuning muda pada bagian atas dan coklat tua pada bagian bawah
3
Larutan berwana kuning muda pada bagian atas dan coklat tua pada bagian bawah
2
Sukrosa
1
Larutan berwana kuning muda pada bagian atas dan violet pada bagian bawah
2
Larutan berwana kuning pada bagian atas dan violet pada bagian bawah
3
Larutan berwana kuning muda pada bagian atas dan sedikit violet pada bagian bawah
3
Pati
1
Larutan berwana kuning pada bagian atas dan coklat pada bagian bawah
2
Larutan berwana coklat pada bagian atas dan kuning pada bagian bawah
3
Larutan berwana kuning pada bagian atas dan hitam pada bagian bawah

4.2  Pembahasan
Pada percobaan ini, hal yang pertama dilakukan adalah mencari     1% larutan dari masing-masing bahan glukosa, sukrosa, dan pati dengan menggunakan rumus :
 
Setelah diketahui 1% larutan yang akan digunakan, masing-masing bahan ditimbang seberat 1 gram. Lalu bahan dilarutkan masing-masing kedalam air sebanyak 100 ml.  kemudian memasukan larutan sampel kemasing-masing tabung reaksi dengan tiga kali ulangan. Setelah itu ditambahkan lagi dengan larutan H2SO4 (Asam Sulfat Pekat) kedalam tabung reaksi melalui dinding tabung reaksi hingga membentuk dua lapisan, dari campuran larutan tersebut menghasilkan perubahan warna.
Pada larutan glukosa, menghasilkan perubahan warna menjadi berwana kuning muda pada bagian atas dan berwarna coklat tua pada bagian bawah. Pada larutan sukrosa, menghasilkan perubahan warna menjadi berwana kuning pada bagian atas dan berwarna violet pada bagian bawah. Dan pada larutan pati, menghasilkan perubahan warna menjadi berwarna kuning pada bagian atas dan berwarna coklat pada bagian bawah. Percobaan  ini berdasarkan pembentukan furfural atau turunan-turunan dari karbohidrat yang didehidratasi oleh asam pekat dimana dalam percobaan ini dicampurkan dengan asam sulfat pekat (H2SO4). Reaksi pembentukan furfural ini adalah reaksi dehidrasi atau pelepasan molekul air dari suatu senyawa. Penambahan H2SO4 (Asam sulfat pekat) akan membentuk dua lapisan zat cair. Berdasarkan percobaan, hasil  menunjukkan semua bahan yang diuji adalah karbohidrat. Dengan demikian telah dibuktikan bahwa larutan glukosa, larutan sukrosa, larutan serta pati merupakan karbohidrat.

V.      KESIMPULAN
Dari praktikum uji molish pada karbohidrat yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Karbohidrat merupakan persenyawaan antara karbon, hidrogen dan oksigen yang terbentuk di alam dengan rumus umum Cn(H2O)n. Berdasarkan jumlah monomer pembentuk suatu karbohidrat, maka dapat dibagi atas empat golongan besar yaitu monosakarida, olisakarida, disakarida dan polisakarida. Uji Molisch adalah pengujian untuk mengetahui senyawa mengandung karbohidrat atau tidak dengan penambahan H2SO4 (Asam sulfat pekat) yang akan membentuk dua lapisan zat cair.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar